Pelatihan Pengenalan Orientasi Dunia Kerja

Pengenalan dunia kerja kepada teman-teman disabilitas sangat diperlukan untuk mengetahui seperti apa dunia kerja itu sendiri. Tanggal 15 Maret 2020 di BikinBikin Creative Hub, Mall Nipah. Peserta berjumlah 5 orang terdiri dari 1 difabel Netra dan 4 Tuli.

Pelatihan ini pertama-tama mengajak para peserta untuk menuliskan di sticky notes mengenai apa yang mereka ketahui tentang dunia kerja. Terdapat berbagai sudut pandang yang diterima mengenai dunia kerja, mulai dari karir, penghasilan, sampai kehidupan sosial. Pengetahuan dunia keja ini berdasarkan dari teman-teman difabel. Setelah terkumpul berbagai pandangan mengenai dunia kerja, pemateri menjelaskan apa itu dunia kerja, terkhusus untuk para teman difabel.

Kegiatan ini juga lebih mengeksplor mengenai rasa ingin tahu peserta apa saja dunia kerja itu, pekerjaan apa saja yang cocok dengan disabilitas mereka. Bagaimana menghadapi dunia kerja sebagai penyandang disabilitas, etika dalam berwawancara dan lainnya. Para peserta juga diberitahu apa saja yang harus disiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Besarnya persaingan dalam dunia kerja menuntut teman difabel harus memiliki bekal lebih dan menghilangkan stigma terkait difabel dalam dunia pekerjaan.

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *